5 Klub Terkaya di Dunia, Nomor 1 Tembus Rp14,6 Triliun!

5 Klub Terkaya di Dunia, Nomor 1 Tembus Rp14,6 Triliun!


© Disediakan oleh okezone.com | Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 12:04 WIB

KLUB-klub sepakbola saat ini sedang sibuk melakukan persiapan menyambut musim yang baru. Dalam persiapan tersebut, salah satu hal yang dilakukan jelas adalah membeli pemain baru untuk memperkuat tim mereka.


Untuk dapat mendatangkan pemain baru, terlebih berstatus bintang, maka setiap tim diharuskan memiliki modal yang cukup besar. Tak ayal hanya tim-tim kaya saja yang dapat membeli pemain bintang.


Lantas, kira-kira tim mana saja yang bisa dikatakan paling kaya saat ini? Okezone sudah menemukan lima tim terkaya di dunia saat ini. Berikut Lima Klub Terkaya di Dunia, Mengutip dari Sportskeeda:

5. Paris Saint-Germain (635,9 juta euro atau Rp11 triliun)

Sang jawara Liga Prancis 2019-2020, Paris Saint-Germain (PSG) adalah salah satu tim tersukses di kompetisi tersebut. Tak hanya sukses dalam hal prestasi, dalam hal keuangan pun PSG sangatlah luar biasa.


Keuangan PSG menjadi sangat kuat semenjak diambil alih oleh Qatar Sports Investments. Gara-gara uang dari pengusaha Qatar tersebut, yakni Nasser Al-Khelaifi, PSG menjadi salah satu tim terkaya di dunia sepakbola.


Kehadiran Qatar Sports Investments membuat PSG berhasil mendatangkan beberapa pemain bintang sepertu Kylian Mbappe dan Neymar Jr. Gara dana dari Qatar tersebut, PSG pun berhasil melakukan kerja sama dengan berbagai sponsor.


Tahun lalu saja, PSG berhasil menandatangani kesepakatan dengan 5 mitra baru dan memperpanjang kontrak mereka dengan 6 merek global untuk menjaga bisnis tetap berjalan lancar. PSG telah menjadi inovator di bidang keuangan dengan hubungan mereka dengan Nike Jordan khususnya disambut oleh basis penggemar mereka.


4. Bayern Munich (660,1 juta euro atau Rp11,4 triliun)

Keberhasilan Bayern Munich dalam melakukan treble winners di musim 2019-2020 membuat mereka kecipratan dana yang cukup luar biasa. Hadiah-hadiah yang didapatkan mereka dalam setiap kompetisi yang dimenangkan telah membantu keuangan tim tersebut.


Posisi Bayern sebenarnya tak beranjak dari tahun lalu, di mana The Bavarians –julukan Bayern– juga menempati peringkat keempat dalam daftar klub terkaya di dunia. Namun, ada peningkatan hampir 20% di musim ini akibat kehebatan mereka dalam meraih berbagai trofi.


3. Manchester United (711,5 juta euro atau Rp12,3 triliun)

Manchester United memang tak menjuarai apa pun di musim 2019-2020. Namun, penghasilan yang mereka dapatkan di musim ini tetaplah sangat luar biasa. Jadi, tak heran jika The Red Devils tak beranjam dari posisi ketiga dalam daftar klub terkaya di dunia saat ini.


Meski Man United terlihat susah payah saat di lapangan, namun pada kenyataannya bisnis mereka berlangsung dengan lancar. Meskipun Wakil CEO, Man United, Ed Woodward mungkin bukan orang terbaik dalam hal sisi sepakbola, namun dia sangat baik dalam mengarahkan klub ke depan secara ketat dari perspektif bisnis.


Gara-gara kemampuan Woodward tersebut, Manchester United dengan demikian mampu meningkatkan pendapatan mereka meski tim kesulitan di lapangan. Namun, posisi mereka bisa tergusur oleh Bayern jika di musim 2020-2021 klub asuhan Ole Gunnar Solskajer itu tak meraih gelar apa pun lagi.


2. Real Madrid (757,3 juta euro atau Rp13,1 triliun)

Real Madrid mengalami harus rela turun ke peringkat kedua dalam daftar klub terkaya di dunia saat ini. Meskipun skuad asuhan Zinedine Zidane itu berhasil menjadi juara Liga Spanyol 2019-2020 dan meraih gelar Piala Super Spanyol di musim tersebut, namun semua hal itu belum cukup mampu mendongkrak pemasukan Madrid.


Kepergian Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018 silam menjadi alasan mengapa Madrid bisa turun ke peringkat kedua. Tak adanya megabintang asal Portugal itu ternyata sangat mempengaruhi kondisi keuangan Madrid.


1. Barcelona (840,8 juta euro atau sekira Rp14,5 triliun)

Untuk pertama kalinya Barcelona berhasil menjadi klub terkaya di dunia, terima kasih kepada Madrid yang mengalami penurunan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hal tersebut pun diprediksi takkan berlangsung lama.


Sebab saat ini Barcelona sedang dirudung masalah. Buruknya performa mereka di musim 2019-2020 membuat Barcelona gagal mengangkat satu trofi pun. Tentunya bagi tim sekelas Barcelona, gagal menjuarai apa pun bakal memberikan dampak untuk tim tersebut.


Terlebih saat ini ada isu megabintang Barcelona, Lionel Messi bakal hengkang di musim panas 2020. Jika Messi benar-benar pergi, maka Barcelona bakal bernasib sama dengan Madrid yang ditinggalkan Ronaldo. Keuangan tim bakal menurun drastis dan alasan itulah yang membuat banyak pihak memprediksi bahwa Barcelona takkan berlangsung lama menduduki sebagai klub terkaya di dunia. (mrh)


Sumber | Instagram | Facebook | Twitter

 

Komentar