Es Krim Rendah Kalori Mampu Menurunkan Berat Badan?!


Di cuaca panas, es krim mampu untuk meredakan dahaga dan menyejukkan tubuh. Mulai dari anak kecil hingga orang tua menyukai makanan penutup nan dingin ini. Salah satu masalah utama es krim adalah kalori.


Bagi mereka yang takut berat badannya bertambah jika mengkonsumsi es krim, biasanya akan mencari alternatif es krim rendah kalori demi mencegah bertambahnya berat badan. Secara garis besar, satu scoop atau setara dengan setengah cangkir es krim vanila memiliki jumlah kalori sekitar 137. Kandungan lainnya berupa: Lemak: 7,3g Sodium: 53mg Karbohidrat: 16g Serat: 0,5g Gula: 14g Protein: 2,3g Kandungan kalori es krim akan naik bergantung penambahan rasa pada es krim.


Kebanyakan ahli gizi menggambarkan kalori es krim sebagai kalori kosong. Maksudnya adalah makanan tersebut menyediakan energi utama dalam bentuk gula tambahan dan lemak padat yang tidak sehat seperti lemak jenuh atau lemak trans.  Porsi yang disarankan untuk es krim rendah kalori adalah sekitar dua pertiga cangkir. Apabila kita makan satu liter es krim rendah kalori dengan kandungan 150-360 kalori per hari, berat badan kita bisa bertambah antara 7-16 kilogram dalam satu tahun. 


Berdasarkan rekomendasi dari American Heart Association, pria perlu membatasi asupan gula tambahan menjadi 36 gram per hari, sementara wanita 25 gram per hari. Kita dapat mengonsumsi produk es krim rendah kalori dalam jumlah sedang, selama produk itu membantu diet kita untuk mengurangi kelebihan kalori, lemak, dan gula. Taylor juga menyarankan, agar kita membatasi porsi camilan manis yang biasa kita konsumsi. Sesekali mengonsumsi camilan bisa memotivasi kita untuk menurunkan berat badan dan menerapkan gaya hidup sehat. Biasakan pula untuk membaca kandungan nutrisi yang terdapat di dalam produk es krim rendah kalori, sehingga kita paham berapa banyak porsi es krim yang aman dikonsumsi.

Komentar